KALEMDIKLAT TERIMA PAPARAN KARO KURIKULUM TENTANG PENYUSUNAN KURIKULUM SIP T.A. 2020

KALEMDIKLAT TERIMA PAPARAN KARO KURIKULUM TENTANG PENYUSUNAN KURIKULUM SIP T.A. 2020


Jakarta – Jum’at 21 Februari 2020 Bertempat di Smart Room IT Center Lemdiklat Polri, Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si., menerima paparan Karo Kurikulum Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Adi Kuntoro tentang penyusunan Kurikulum Sekolah Inspektur Polisi T.A. 2020.

Kegiatan penyusunan kurikulum ini dihadiri oleh oleh Irjen Pol Drs. Rokhmad Sunanto, Karo Jianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Pujiono Dulrachman, M.H., Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Agus Suryatno dan para staf biro Kurikulum Lemdiklat Polri.

Kalemdiklat menyampaikan Biro Kurikulum harus merancang esensi dari tujuan pendidikan yang akan ditransformasikan. Materi pengetahuan akan dilengkapi dengan keterampilan tentang norma-norma, sehingga menjadi bekal dalam melaksanakan tugas di tengah-tengah masyarakat.

Pendidikan pada dasarnya harus memenuhi tiga aspek. Yang pertama internalisasi nilai-nilai etika profesi, kedua enkulturasi internalisasi nilai-nilai kode etik Polisi dan enkulturasi budaya Kepolisian dan yang ketiga indoktrinasi Polri kepada peserta didik, supaya mereka paham menjalankan budaya Kepolisian dalam pelaksanaan tugas. Kurikulum juga harus diupdate sesuai perkembangan situasi yang terjadi di masyarakat serta perkembangan di lingkungan.

Dalam penyusunan kurikulum untuk SIP ini lebih banyak di dalam aspek leadership dan manajerial sehingga mereka dapat menjalankan manajemen operasional Kepolisian pada level Perwira pertama. Harapan saya di tahun 2020-2021, dengan tantangan yang berbeda, ada perubahan kurikulum yang lebih vokasi untuk mempersiapkan calon Perwira ini menjadi seorang pemimpin, ujar Kalemdiklat Polri.



No Comments

Post A Comment