KALEMDIKLAT POLRI KOMJEN ARIEF MEMINTA GUBERNUR AKPOL YANG BARU MENDIDIK CALON PEMIMPIN POLRI YANG KOMPETITIF DAN BERINTEGRITAS

KALEMDIKLAT POLRI KOMJEN ARIEF MEMINTA GUBERNUR AKPOL YANG BARU MENDIDIK CALON PEMIMPIN POLRI YANG KOMPETITIF DAN BERINTEGRITAS

Upacara Serah Terima Gubernur Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang-Jawa Tengah 25 November 2019.

Gubernur Akademi Kepolisian Akpol diserahterimakan dari Irjen Pol Ahmad Juri MHum kepada penggantinya Irjen Pol Drs. Fiandar. Upacara sertijab dipimpin langsung oleh Kalemdiklat selaku Inspektur Upacara dimana Pejabat lama yang memasuki masa pensiun digantikan oleh teman seangkatan Akpol 1987.

Upacara Sertijab kali ini dipimpin oleh Kalemdiklat Polri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Arief Sulistyanto, M.si yang juga dihadiri oleh Komjen. Pol. (Purn) Drs. Ismerda Lebang Danjen Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.sos serta Pejabat Muspida Provinsi Jawa Tengah lainnya.

Dalam amanahnya, Kalemdiklat Polri menyampaikan bahwa
tugas Lemdiklat Polri sangat menentukan masa depan Polri sebagai satu institusi yang bertanggung jawab sebagai pusat pembangunan budaya profesionalitas Polri baik pada tataran teknis profesi (hard competency), penanaman etika dan moralitas (soft competency) dan kaderisasi leadership Polri.

Dengan demikian, hal yang menjadi penekanan Kalemdiklat Polri dalam amanahnya yaitu “berupaya untuk mengubah paradigma lama dalam pendidikan dan latihan Polri seperti paradigma formalistik yang hanya mengejar aspek formal administrative, berdasarkan rutinitas/kebiasaan, dimana hanya mengejar status dan bersifat artifisial yang terbukti telah menyebabkan degradasi nilai dan kualitas profesionalitas Polri.

Penekanan lainnya, Kalemdiklat memerintahkan pada jajarannya di lembaga pendidikan, dimana untuk menghasilkan SDM yang unggul maka kita harus menerapkan paradigma yang juga berorientasi pada proses atau process oriented.

Oleh karena itu, kepada Gubernur Akpol Baru Irjen Pol Drs. Fiandar Kalemdiklat Polri berpesan “agar menjalankan amanah dengan baik. Berbanggalah untuk dapat mengabdikan diri di Akademi Kepolisian”.

Kalemdiklat juga berkeyakinan Irjen. Pol. Drs. Fiandar mampu melakukan pengabdian yang terbaik guna mendukung terwujudnya pembentukan calon-calon pemimpin/perwira Polri masa depan yang unggul, kompetitif dan berintegritas sehingga akan menjadi “legacy” bagi institusi kepolisian demi tegaknya Tri Brata dan Catur Prasetya di tengah perubahan yang sangat cepat ini.

No Comments

Post A Comment