lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

UPACARA PEMBUKAAN DIKBANGSPES RESKRIM

Kadiklat Reserse Brigjen. Pol. Agus Nugroho, S.IK., S.H., M.H. Selaku Inspektur Upacara secara resmi membuka Dikbangspes Reskrim Gel. IV T.A. 2022 di Diklat Reserse Lemdiklat Polri Megamendung Bogor Jawa Barat, Pada Rabu (10/05/2022)Pelaksanaan upacara pembukaan berlangsung di lapangan waskita sandi wiyata Diklat Reserse. Dalam upacara ini dihadiri oleh Kepala Biro Bid Diklat Lemdiklat Polri Brigjen. Pol. Dr. Susilo Teguh Raharjo, M.SI, Para Pejabat yang berasal dari pembina fungsi Bareskrim Polri, Para Pejabat utama dilingkungan Diklat Reserse, Kapolsek Megamendung AKP Tri Lesmana, S.H.

Di dalam amanatnya Kadiklat Reserse menyampaikan Dikbangspes fungsi teknis Reskrim Polri Gel. IV T.A 2022 ini, merupakan salah satu bentuk Pendidikan dan Pelatihan, yang bertujuan untuk menjadikan para Perwira dan Bintara Polri pengemban fungsi teknis Reserse Kriminal yang Mahir, Terpuji, Patuh Hukum, Unggul dan Terpercaya dalam menegakan hukum dengan memiliki pengetahuan, Keterampilan dan Moralitas penegak hukum yang baik.

Pendidikan dan pelatihan ini merupakan salah satu pilar utama untuk meningkatkan Kompetensi para peserta didik dalam upaya Pengembangan Diri, Penambahan Wawasan, Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan di bidang Penyelidikan serta Penyidikan, agar mampu menangani setiap tindak Pidana yang terjadi secara Profesional. 

Para peserta didik akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan secara tatap muka, sesuai dengan jenis Pendidikan yang diikuti. Materi yang akan diberikan pada penyelengaraan Dikbangspes Polri Gel. IV tahun 2022 ini, meliputi : Peraturan Perundangan yang berkaitan dengan jenis Pendidikan yang diikuti, Tehnik, Taktik Penyelidikan dan Penyidikan, Manajemen Penyidikan, Restoratif Justice, serta Mekanisme kerjasama dengan Stake Holder dalam lingkup Criminal Justice System.

Peserta didik nantinya diharapkan mampu melakukan terobosan-terobosan kreatif sejak proses penerimaan laporan sampai pada penyerahan berkas perkara kepada penuntut umum,  Dengan tetap mempedomani Prinsip - Prinsip Profesionalitas, Proporsionalitas, Transparansi dan Akuntabilitas, sesuai ketentuan perundangan yang berlaku serta senantiasa Menghormati dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.