lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

UPACARA HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2022 SECARA VIRTUAL

Jakarta– Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 ini, Seluruh Personel Lemdiklat Polri mengikuti upacara secara virtual di Balai Besar Lemdiklat Polri dan dari Kediaman kediaman masing-masing, Pada Rabu pagi (01/06/2022). Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati hari lahir dasar negara Pancasila. Pada hari yang juga ditetapkan sebagai hari libur nasional, instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

 

Seluruh Personel Lemdiklat Polri tampak khidmat dalam mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), bertindak sebagai Komandan Upacara Brigade Infanteri 21 Komodo Kodam IX/Udayana Kol. Inf. Tunjung Setyabudi. Sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila, Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus sebagai Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pembaca Doa. Upacara hari lahir Pancaaila disiarkan secara langsung dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

 

Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, dalam amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak segenap bangsa Indonesia di manapun berada untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” tegas Kepala Negara.