lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

TANTANGAN PENDIDIKAN KEPOLISIAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0 PADA KONFRENSI IADLEST

Fort Worth Texas, USA – Delegasi Kepolisian Republik Indonesia saat ini tengah mengikuti Konfrensi IADLEST (International Association of Directors of Law Enforcement Standards and Training) yang dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 23 Mei 2022. Delegasi Indonesia, diwakili oleh Satker Lemdiklat Polri yang mengirimkan 5 orang  yaitu Brigjen Pol Dr. Juansih, S.H., M.Hum. Karojianbang Lemdiklat Polri, Kombes Pol Drs. Eri Safari, S.H., M.M. Kabagkermadiklat Lemdiklat Polri, Kombes Pol Cornelis Mangarahon Simanjuntak, S.I.K. Kabag Kunhanjarlat Lemdiklat Polri, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro, S St, M.K., S.H. Kapusdik Polair Lemdiklat Polri dan Kombes Pol Ratna Setiawati, S.H. Kasepolwan Lemdiklat Polri.
Pada Konfrensi IADLEST ini Polri didampingi oleh USDOJ/ICITAP, yang mendiskusikan mengenai tantangan pendidikan Kepolisan yang dihadiri oleh perwakilan Kepolisian dari Republik Georgia, Republik Kosovo dan Indonesia. Delegasi Indonesia memaparkan tentang “Bagaimana proses pendidikan Kepolisian di Indonesia” dengan pemapar Brigjen Pol Dr. Juansih, Dra., S.H., M.Hum.
Pada kesempatan ini pemapar menjelaskan tentang rekrutmen personel Polri, jenjang dan level Pendidikan Polri yang terdiri dari Diktuk (Akpol, SIPSS, Sepolwan dan SPN Polda), Dikbangum (Sespimti, Sespimmen dan Sespimma), Dikbangspes dan Program Pelatihan, Program Beasiswa LPDP, tantangan Program Pendidikan Polri, Solusi dan inovasi dalam mengatasi masalah terkait tingkat keberhasilan program Pendidikan, Transformasi pendidikan Polri di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 serta  pembelajaran di era Pandemi Covid-19 serta Metodologi pembelajaran yang mendorong serdik untuk semangat menyelesaikan tugas.
Selain itu juga di diskusikan terkait kiat-kiat keberhasilan yang telah dilakukan Lemdiklat Polri  dalam melaksanakan program Pendidikan Polri. Di Indonesia, mulai rekruitmen sampai proses pendidikan sangat ketat dan diawasi serta dievaluasi dengan baik, serta adanya Kerjasama dan dukungan dari USDOJ/ICITAP bagi Polri dalam meningkatkan soft skill ataupun hard skill dalam pengembangan Sumber Daya Manusia Polri. Kegiatan paparan berjalan dengan lancar dan mendapatkan apresiasi yang baik dari peserta yang hadir.