lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

PENUTUPAN DIKLAT MANAJEMEN PPNS CAGAR BUDAYA KEMENDIKBUD RI T. A. 2022

Bogor - Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Drs. FITRA ARDA, M.Hum. selaku inspektur upacara menutup secara resmi Diklat Manajemen PPNS Cagar Budaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi R.I T. A 2022, bertempat di ruang Catur Prasetya Diklat Reserse Lemdiklat Polri, Megamendung, Bogor, Rabu (08/06/2022).

Dalam amanatnya Beliau menyampaikan 
bahwa cagar budaya merupakan warisan budaya yang bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya, dan kawasan cagar budaya, di darat dan/atau di air, yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

Terkait dengan hal tersebut Pemerintah, setiap orang, masyarakat, dan Kita semua bertanggung jawab terhadap pelestarian cagar budaya yaitu dengan melakukan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya.

Namun banyak ditemukan adanya  tindak pidana yang dengan sengaja tidak melaporkan temuan, mengalihkan kepemilikan, melakukan pencarian cagar budaya, membawa cagar budaya keluar wilayah Indonesia, keluar provinsi/kota/kabupaten tanpa ijin pemerintah, serta merusak cagar budaya, melakukan pencurian cagar budaya, termasuk menghalang-halangi upaya pelestarian cagar budaya dengan demikian tindakan tersebut merupakan tindakan melawan hukum sesuai dengan Undang-Undang Cagar Budaya.

Salah satu bentuk pelindungan cagar budaya, UU Cagar Budaya pasal 100 mengamanatkan tentang PPNS yaitu Penyidik Pegawai Neger Sipil merupakan Pejabat Pegawai Negeri Sipil yang lingkup tugas dan tanggung jawabnya di bidang pelestarian Cagar Budaya yang diberi wewenang khusus melakukan penyidikan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Hukum Acara Pidana terhadap tindak pidana Cagar Budaya. PPNS dalam pelaksanaan tugasnya berada di bawah koordinasi dan pengawasan penyidik Polri.

Pada kesempatan yang baik ini pula, Irup mengucapkan terima kasih kepada Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri beserta staf, para tenaga pelatih, dan semua pihak yang turut membantu dalam penyelenggaraan Diklat sehingga dapat berjalan dengan tertib dan lancar, dan semoga hasilnya dapat bermanfaat bagi Peseta Diklat maupun Direktorat Jenderal Kebudayaan.