lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

PENINGKATAN KUALITAS PENYIDIK POLRI YANG PRESISI DI ERA VUCA MENUJU MASYARAKAT 5.0

Megamendung - Kepala Pendidikan dan Pelatihan Reserse Lemdiklat Polri, Brigjen. Pol. AGUS NUGROHO. S.IK., S.H., M.H. memberikan Pembekalan kepada peserta didik Dikbangspes Gel. II dan Pasen Serse Gel. II T.A. 2022 Bertempat di Gedung Johan Bakulo Diklat Reserse Lemdiklat Polri Megamendung Bogor Jawa Barat , Selasa (15/3/2022).
Kadiklat Reserse memberikan pembahasan tentang perkembangan Lingstra (lingkungan strategi) mencakup global dan regional dilanjutkan dengan tantangan pemolisian terkini mencakup digital hyperconnectivity dan metaverse di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Selanjutnya seluruh peserta Dikbangspes yang berjumlah 267 serdik saat ini mengikuti Pendidikan di Diklat Reserse diberikan best Prestice dengan tema Strategi Peningkatan Kualitas Penyidik Polri yang Presisi di era VUCA (volatility, uncertainity, complexity, dan ambiguity) menuju masyarakat 5.0. sebagai narasumber Dirkrimsus Polda Jawa barat Kombes Pol. Arief Rahman, S.I.K, MTCP.
Dalam best practicenya beliau menyampaikan beberapa Istilah VUCA di era industri 4.0 tetap berlaku pada era society 5.0. Yang mana VUCA merupakan singkatan dari volatility, uncertainity, complexity, dan ambiguity. Secara garis besar VUCA merupakan situasi atau kondisi lingkungan yang tengah mengalami gejolak atau volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, serta ambiguitas. Dihubungkan dengan Hukum deliberatif yang dihasilkan melalui proses diskursus, opini, dan kedaulatan rakyat. dengan rasa keadilan masyarakat sebagai prasyarat untuk mewujudkan keadilan sosial (social justice).
Dalam akhir acaranya Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh serdik atas antusias dan semangatnya mengikuti best practice ini, sebagai Penyidik Harus selalu updating knowledge dan berani mengeksplore diri agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman.