lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

PENGKAJIAN 8 STANDAR PENDIDIKAN DI SEBASA LEMDIKLAT POLRI

Jakarta - Biro Jianbang Lemdiklat Polri khususnya Bag Jiandiklat melaksanakan supervisi operasionalisasi 8 Standart pendidikan dan Kepuasan Serdik pada Pendidikan Pengembangan Spesialis Bahasa di Sebasa Lemdiklat Polri pada Senin (27/9/2021).

Pengkajian dipimpin oleh Kabag Jiandiklat. Kombes Pol Dhani Kristianto, S.I.K., beserta staf dan , Dr. Cepi Triadna, M.Pd., Universitas Pendidikan Indonesia (Narasumber) yang dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 27 s.d 30 September 2021 dengan sasaran pengelolaan 8 Standar Pendidikan dan Kepuasan Peserta didik.

Sebasa Lemdiklat Polri menyelenggarakan Dikbangspes Pa/PNS Gol III Bahasa Inggris Preparation, Pama/PNS Gol III Bahasa Jepang Dasar, Pama Bahasa Inggris (Brimob), Ba Bahasa Inggris (Brimob), Ba Bahasa Inggris (Polair), Ba Bahasa Arab Dasar dan Ba Bahasa Inggris (Polisi Pariwisata) yang dilaksanakan selama 3 bulan dengan metode tatap muka. Hasil analisis dan pendalaman melalui wawancara dan observasi pengelolaan diperoleh kesimpulan Sebasa Lemdiklat Polri telah menerapkan 8 standar Pendidikan dengan pertimbangan :

a. Secara keseluruhan, 8 Standar Pendidikan telah dipenuhi oleh Sebasa Lemdiklat Polri dan terlaksana dengan sangat baik, khususnya 5 standar Pendidikan yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Adapun standar yang perlu ditingkatkan standar penilaian, standar Gadik/Gadikan, serta standar sarana prasarana.
b. Layanan pembelajaran penguatan keterampilan teknis spesialisasi Bahasa didukung oleh tenaga pendidik yang memiliki kompetensi penguasaan Bahasa lebih dari 1 jenis Bahasa.

Hasil analisis pengolahan data dan pendalaman responden terhadap kepuasan Serdik diperoleh kesimpulan bahwa Serdik Dikbangspes Bahasa merasakan puas oleh layanan Satdiklat dengan pertimbangan sebagai berikut:
a. Kepuasan layanan peserta didik dilihat dari 6 pengelolaan memiliki kecenderungan yang baik yaitu merasa sangat puas.
b. Kecenderungan kepuasan ini perlu dijaga komitmennya agar pelaksanaan Dikbangspes Bahasa di Sebasa Lemdiklat Polri dapat berjalan dengan maksimal selama masa pandemi.