lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

PENGKAJIAN 8 STANDAR PENDIDIKAN DI PUSDIK LANTAS LEMDIKLAT POLRI

Jakarta-Biro Jianbang Lemdiklat Polri khususnya Bag Jiandiklat melaksanakan supervisi operasionalisasi 8 Standart pendidikan dan Kepuasan Serdik pada Pendidikan Pengembangan Spesialis Lantas di Pusdik lantas Lemdiklat Polri pada Senin (20/9/2021).

Pengkajian dipimpin oleh Kabag Jiandiklat. Kombes Pol Dhani Kristianto, S.I.K., didampingi oleh staff dan Dr. Cepi Triadna, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Narasumber. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 23 September 2021 dengan sasaran pengelolaan 8 Standar Pendidikan dan Kepuasan Peserta didik.

Pusdik Lantas Lemdiklat Polri juga menyelenggarakan Dikbangspes Pama Jemen FT. Lantas, Pama Regident Pengoperasian Ranmor, Pama Regident Kepemilikan Ranmor, Ba Idik Laka Lantas dan Dikbangspes Ba Regident Pengemudi yang dilaksanakan selama 1 bulan dengan menggunakan metode pembelajaran tatap muka. Dari hasil analisis terhadap check list dan wawancara serta observasi diperoleh kesimpulan bahwa Pusdik Lantas Lemdiklat Polri telah menerapkan 8 standar Pendidikan dengan pertimbangan yaitu :
a. Secara keseluruhan, 8 Standar Pendidikan telah dipenuhi oleh Pusdik Lantas Lemdiklat Polri dan tetap menjaga komitmen dalam pemenuhan kebutuhan 8 standar Pendidikan secara terus menerus sehingga proses pembelajaran tetap berjalan dengan maksimal dan hasil didik (kompetensi) dapat dicapai secara optimal.
b. Layanan pembelajaran, keterampilan teknis spesialisasi Lantas membutuhkan alat praktik yang memadai dan telah melakukan peningkatan Sarpras melalui pengajuan pemenuhan kepada pihak-pihak terkait walaupun belum semuanya terpenuhi.

Hasil analisis data dan pendalaman responden terhadap kepuasan Serdik diperoleh kesimpulan bahwa sebagai berikut:
a. Kepuasan layanan peserta didik dilihat dari 6 pengelolaan memiliki kecenderungan yang baik yaitu merasa sangat puas.
b. Kecenderungan kepuasan ini perlu dijaga agar pelaksanaan Dikbangspes Polri di Pusdik Lantas Lemdiklat Polri dapat berjalan dengan maksimal selama masa pandemi.