lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DIKLAT SISTEM PERADILAN PERLINDUNGAN ANAK (SPPA)

Semarang – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterpaduan antar Aparat Penegak Hukum dan petugas Intansi terkait dalam menangani anak yang berhadapan dengan hukum, maka Lemdiklat Polri menyelenggarakan pelatihan Sistem Peradilan Pidana Anak gelombang II T.A 2021 yang bertempat di Grand Candi Hotel Semarang, Jl. Sisingamangaraja Semarang Jawa Tengah. Pada Senin 04 Oktober 2021.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 13 hari dari mulai Tanggal 4 s.d 16 Oktober 2021 yang diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari daerah Jateng, Sulsel, Sulteng, Kalsel, Kalteng, NTT, NTB dan Mabes Polri dengan rincian sebagai berikut: Polri 60 orang, Jaksa 8 orang, Hakim 8 orang, Bapas 8 orang, Peksos 8 orang, Peradi 8 orang, Nara sumber 3 orang, Tenaga Pengajar 25 orang, Panitia 10 orang. Pelatihan Sistem Peradilan Pidana Anak dibuka oleh Karobindiklat Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Desmawan Putra, M.Si.

Pelatihan Sistem Peradilan Pidana Anak ini berpedoman pada Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan dan Peraturan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terpadu Sistem Peradilan Pidana Anak bagi Aparat Penegak Hukum (APH) dan instansi terkait.

Karo Karobindiklat Lemdiklat Polri berharap agar peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai aparat penegak hukum dalam melaksanakan Sistem peradilan secara terpadu dalam melaksanakan Sistem Pradilan Pidana Anak serta meningkatnya pengetahuan dalam menyusun dan mengharmonisasi peraturan perundang-undangan baik di pemerintahan daerah maupun instansi lainnya. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi Prokes.