lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

PELAYANAN PSIKOLOGI TERHADAP ANAK-ANAK TERDAMPAK COVID-19

Jakarta-Bertempat di lapangan Lemdiklat Polri Jl. Ciputat Raya Jakarta Selatan. Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. bersama para PJU Mabes Polri mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si dalam rangka kegiatan pelayanan Psikologi terhadap anak-anak yang terdampak Covid-19, pada Selasa (02/11/2021).

Dengan mengusung tema “Peduli Anak, Indonesia Tangguh” TNI-Polri, Kemensos dan Kemen PPPA bersama-sama mengikuti kegiatan pemberian bantuan kepada anak-anak yang menjadi yatim-piatu karena orang tua meninggal akibat Covid-19 yang diprakarsai oleh SSDM Mabes Polri. Selain pemberian bantuan anggaran, bantuan psikologis seperti hiburan untuk anak yang membutuhkan terapi untuk mengembalikan semangat, serta dukungan psikologis juga dibutuhkan untuk anak-anak demi mengurangi trauma setelah ditinggal orang tua akibat Covid-19. Dari data kami kurang lebih ada 24 ribu anak yang mengalami trauma karena orang tua meninggal akibat Covid-19. 

Dalam sambutannya Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyampaikan bahwa anak-anak yang terdampak Covid-19 ini harus mendapatkan perlindungan yang sama atas hak-hak dasarnya yang meliputi hak sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesejahteraan, hal ini menjadi tanggung jawab bersama, termasuk Kementrian PPA, Kementrian Sosial serta TNI-Polri yang berperan untuk memastikan anak-anak tersebut mendapatkan perlindungan yang baik akan hak-haknya baik lahir maupun batin.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan “pihaknya akan memberi bantuan kepada anak-anak yang menjadi yatim-piatu karena orang tuanya meninggal akibat Covid-19 dengan menyiapkan Anggaran Jaminan Anak Kehilangan Orang tua akibat Covid-19 tetap dapat melanjutkan sekolah”.