lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

OPERASIONALISASI 8 STANDAR PENDIDIKAN DI SATUAN LATIHAN (SATLAT) BRIMOB POLRI CIKEAS

Biro Jianbang Lemdiklat Polri khususnya Bag Jiandiklat melaksanakan supervisi operasionalisasi 8 standart pendidikan dan kepuasan Serdik pada Dikbangpes Penanganan Konflik secara Humanis di Satlat Brimob Polri, Cikeas pada hari senin (27/9/2021).

Pengkajian dipimpin oleh Karo Jianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Dr. Juansih, Dra, S.H, M.Hum, beserta tim dan Dr. Cepi Triadna, M.Pd., Universitas Pendidikan Indonesia (Narasumber) yang dilaksanakan tanggal 27 s.d 30 September 2021.

Sebelum melaksanakan pengkajian di Satlat Brimob Polri, Tim Pengkajian menghadap ke Komandan Korbrimob Polri Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko, dan selanjutnya tim pengkajian didampingi oleh Dan Satlat Brimob Polri Kombes Pol Yopie Indra Prasetya Sepang, S.I.K, M.Si, melaksanakan kegiatan pengkajian di Mako Satlat Brimob Polri.

Satlat Brimob Polri menyelenggarakan Dikbangspes penanganan konflik secara humanis yang dilaksanakan selama 2 bulan dengan menggunakan metode pembelajaran tatap muka. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Satlat Brimob Polri telah menerapkan 8 standar pendidikan dengan pertimbangan :

a. 8 standar pendidikan telah dipenuhi dan tetap menjaga komitmen dalam pemenuhan kebutuhan 8 standar pendidikan secara terus menerus sehingga proses pembelajaran berjalan dengan maksimal dan hasil didik (kompetensi) dapat dicapai secara optimal.
b. Layanan pembelajaran penguatan keterampilan teknis spesialisasi penanganan konflik ke depan membutuhkan Sarpras berbasis digital yang memadai dan Satlat Brimob Polri sudah memiliki _knowledge center_ sebagai kondisi awal untuk dikembangkan ke depan.

Hasil analisis terhadap kepuasan Serdik diperoleh kesimpulan bahwa Serdik Dikbangspes di Satlat Brimob Polri puas oleh layanan Satlat Brimob Polri dengan pertimbangan :
a. Kepuasan layanan peserta didik dilihat dari 5 komponen penyelenggaraan pendidikan memiliki kecenderungan yang baik yaitu merasa sangat puas.
b. Kecenderungan kepuasan ini perlu dijaga komitmennya agar pelaksanaan Dikbangspes Polri di Satlat Brimob Polri dapat berjalan dengan maksimal.