lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

KUNJUNGAN KERJA SERTA PEMBEKALAN KALEMDIKLAT POLRI KEPADA PESERTA DIDIK DIKBANGSPES DIKLAT RESERSE

Megamendung - Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen. Pol. Prof. DR. H. Rycko Amelza Dhaniel, M.Si  dan Pejabat utama Lemdiklat Polri antara lain Analisis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri Irjen. Pol. Drs. Asep Syahrudin,. M.Si., Karo Kurikulum Brigjen. Pol. Drs. Adi Kuntoro dan Karojianbang Brigjen Pol Dr. Juansih, Dra., S.H., M.Hum., melaksanakan kunjungan kerja di Diklat Reserse Lemdiklat Polri Megamendung Bogor, Jumat (25/03/2022).

Kedatangan Kalemdiklat Polri dan Pejabat Lemdiklat Polri disambut langsung oleh Kadiklat Reserse Brigjen. Pol. Agus Nugroho. S.H., S.IK., M.H.  dan para Pejabat Utama Diklat Reserse. Kegiatan kunjungan Kalemdiklat Polri  di awali dengan penghormatan dari pasukan jajar kehormatan Diklat Reserse dilanjutkan sambutan selamat datang dari peserta didik Dikbangspes gelombang III, selanjutnya rombongan didampingi oleh Kadiklat beserta PJU Diklat Reserse mengikuti sesi Foto bersama dengan Kadiklat berserta PJU Diklat Reserse di depan Gedung utama Subarkah. 

Dalam kunjungan Kerja ke Diklat Reserse Kalemdiklat berkesempatan untuk bertatap muka secara langsung dengan seluruh peserta didik Dikbangspes Gel. III, tatap muka dengan peserta didk berjalan hangat dengan suasana penuh kekeluargaan berlangsung dilapangan hijau Waskita Sandi Wiyata.

Dalam kesempatan itu Kalemdiklat menyampaikan arahan kepada seluruh peserta didik bahwa Roda kehidupan masyarakat sekarang ini semakin baik, roda kehidupan masyarakat berjalan semestinya meskipun menghadapi pandemik akan tetapi grafiknya sudah menurun karena keberhasilan pemerintah yang didukung oleh TNI dan Polri dalam memberikan vaksinasi dan himbauan secara massive kepada masyarakat agar disiplin protokol kesehatan.

Perubahan sosial begitu cepat, masyarakat Indonesia sudah masuk dalam generasi 4.0, masyarakat sudah masuk  dalam dunia komputer dan selanjutnya koneksi internet, aplikasi/smart phone, alat-alat komunikasi yang menggunakan koneksi internet, cukup membawa gadget/android untuk berkomunikasi dan berbagi informasi serta transaksi juga sosialisasi, komunikasi media sosial dari voice sampai dengan gambar atau video, koneksi internet telah mengubah landscape masyarakat, semua informasi ada dalam genggaman semakin cepat, mudah, murah dari offline ke online  secara realtime.

Anggota Polri harus mampu menegakan hukum menggunakan teknologi yang ada, hampir semua kejahatan menggunakan digital, yang konvensional tercampur menggunakan teknologi digital dalam kejahatan apa saja, oleh karena itu tidak ada pilihan lain saudara-saudara harus memiliki kemampuan itu semua, memiliki kemampuan digital setidaknya ada 2 kompetensi yang harus dimiliki anatara lain Kompetensi literasi data kemampuan dalam pengetahuan data dan Kompetensi literasi teknologi. Oleh karena itulah Lemdiklat Polri akan memberikan kemampuan itu di semua jenis jenjang pendidikan termasuk Dikbangspes. 

Di era digitalisasi ditambah dengan era pandemik membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan lebih dibidang teknologi oleh sebab itu Bapak Kapolri mencanangkan salah satu dari 4 program beliau adalah meningkatkan profesionalisme Police di era 4.0.

Kalemdiklat Polri menekankan kita semua harus mempunyai kemauan yang kuat untuk meningkatkan kemampuan, terus belajar tingkatkan kemampuan untuk kebaikan saudara, untuk kebaikan negeri ini dan untuk kebaikan organisasi kita kedepan, saya yakin saudara maju, saya yakin sudara mampu mengerjakan ini semua, mudah-mudahan Polri semakin maju semakin dipercaya oleh masyarakat terimakasih.

Selesai memberi arahan kegiatan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah di masjid At-Taubat Diklat Reserse.