lemdiklat polri, akademi kepolisian
Situs Resmi Lemdiklat Polri
+6287725222512

KALEMDIKLAT POLRI MENINJAU VAKSINASI SERENTAK DARI KAB. PURWAKARTA

Purwakarta-Program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Kepolisian Republik Indonesia yang serentak digelar di sejumlah daerah di tanah air terus dilaksanakan. Di minggu pertama bulan Ramadhan tahun ini, Kalemdiklat Polri berkesempatan untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kabupaten Purwakarta, pada hari Jum'at (8/04/2022), dimana lokasi vaksinasi bertempat di PT. South Pasific Viscose Jalan Raya Industri, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. 

Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. hadir di lokasi vaksinasi didampingi Irjen Pol. Drs. Asep Syahrudin, M.Si., M.H. beserta para Karo Lemdiklat Polri. Sejumlah pejabat utama Polda Jawa Barat beserta Forkopimda setempat juga hadir pada pelaksanaan peninjauan vaksinasi ini antara lain Karo Ops Polda Jawa Barat, Kabid TIK Polda Jawa Barat, Bupati Purwakarta, Kapolres Purwakarta, Dandim/0619 Purwakarta, Kemenag, MUI dan Kepala Dinas Kesehatan daerah setempat. 

Dalam rangkaian kegiatan vaksinasi serentak juga dilaksanakan interaktif secara daring oleh Kalemdiklat Polri bersama 5 Polres dengan persentasi vaksinasi masih rendah yaitu Polres Agam Polda Sumatera Barat ( 52,02%), Polres Kubu Raya Polda Kalimamtan Barat ( 41,81%), Polres Tojo Una Una Polda Sulawesi Tengah ( 31,48%), Polres Manokwari Polda Papua Barat ( 1,22%), dan Polres Pamekasan Polda Jawa Timur (30,12%).
Beberapa kendala yang menyebabkan masih rendahnya capaian vaksinasi antara lain dikarenakan
- jumlah tenaga kesehatan sebagai vaksinator masih kurang,
- kendala letak geografis dan cuaca, serta
- kesadaran masyarakat yang masih kurang. 

Program Vaksinasi serentak yang diselenggarakan Kepolisian Negara Republik Indonesia di berbagai daerah ini mencakup vaksin dosis pertama, dosis kedua dan lanjutan (booster) dengan sasaran masyarakat umum.